Tugas PBKK - Membuat aplikasi dengan memanfaatkan Framework Google

Tugas minggu ini adalah mencoba untuk membuat aplikasi dengan memanfaatkan framework google. Framework yang ingin dicoba adalah menggunakan Google Sheet dan App Script.

Google sheet adalah salah satu komponen dalam aplikasi google cloud. Jika kita memiliki akun gmail kita bisa membuat dan berbagi sebuah spreadsheet dengan siapapun termasuk dengan mereka yang tidak memiliki akun gmail. Google Sheet secara komprehensif menawarkan sekumpulan fitur dan fungsi standar spreadsheet seperti dalam spreadsheet application lainya yaitu Microsoft Excel. Selain itu juga terdapat dukungan terbaru yang serbaguna yaitu fungsi QUERY dan REGEX.

Di dalam google sheet juga disediakan bahasa pemrograman yang disebut GAS (Google App Script). Kode GAS akan dieksekusi secara remote di dalam google cloud. Pihak google sendiri menyatakan bahwa GAS adalah :
“Google App Script adalah bahasa javascript cloud scripting yang menyediakan kemudahan otomasi tugas untuk seluruh produk google dan layanan pihak ketiga.”

Langkah-langkah pengimplementasiannya adalah sebagai berikut :
  1. Membuat file spreadsheet baru baru drive google. Sebagai contoh disini akan dibuat pendataan anggota Formas (Forum Mahasiswa Sampang).
  2. Kemudian isi field pada sheet sesuai dengan kebutuhan.
  3. Menambahkan script api pilih menu "Tools" kemudian klik "Script editor", akan muncul tampilan sebagai berikut
  4. Isikan dengan kode-kode seperti di bawah ini. Sesuaikan isi dengan field yang sudah dibuat di atas

  5. Jika telah selesai mengtur script maka untuk deploy pilih menu "Publish" dan klik "Deploy as web app" maka akan muncul menu seperti ini
  6. Tekan ok lalu akan muncul menu berikut. Jika diklik link script maka akan muncul link halaman yang telah dibuat
  7. Tampilan kurang lebih seperti di bawah. Dapat juga ditambahkan css agar menambah menarik tampilan. Apabila mengisi data maka otomatis akan tertambah di google spreadsheet

Comments

Popular posts from this blog

EAS PBKK - Contribution Based Evaluation

Tugas PBKK - Mengenal Model dan CRUD