Tugas PBKK - SB Admin CodeIgniter

Tugas minggu ini adalah membuat sebuah aplikasi menggunakan template SB Admin dari Bootstrap 4.

Langkah-langkah :
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengkonfigurasi url pada /application/config/config.php seperti gambar dibawah. Dimana base url itu sendiri berfungsi untuk menentukan alamat atau URL yang akan digunakan oleh web.
  2. Selanjutnya juga perlu mengkonfigurasi autoload pada /application/config/autoload.php agar dapat meload helper ke memori secara otomatis.
  3. Setelah itu membuat sebuah konstanta SITE_NAME yang berguna untuk menyimpan nama web pada file /application/config/constants.php yang nantinya akan diperlukan untuk mengambil judul web pada template.
  4. Download dan ekstrak SB Admin dan copykan folder css, js, dan vendor dari folder tersebut ke folder CodeIgniter kalian. Jangan lupa folder vendor kita ganti namanya menjadi folder assets supaya nantinya tidak tercampur dengan folder vendor dari composer.
  5. Lalu buat sebuah folder baru bernama admin pada folder views dan didalam folder admin tersebut kita tambahkan sebuah file bernama overview.php. Pada file overview.php berisi copyan dari file index.html yang terdapat pada folder hasil ekstrak SB Admin yang berada pada folder dist.
  6. Lalu ubah alamat yang diberikan agar mengarah ke /assets/... karena karena folder vendor sudah diubah menjadi assets kemudian menambahkan fungsi base_url() pada /application/agar CSS dan Javascriptnya bisa terbaca seperti gambar dibawah ini :
  7. Membuat sebuah controller baru dengan nama file Overview.php didalam sebuah folder bernama admin pada folder controllers.
  8. Menambahkan route baru yang menuju pada controller Overview pada /application/config/routes.php.
Hasil :



Comments

Popular posts from this blog

EAS PBKK - Contribution Based Evaluation

Tugas PBKK - Mengenal Model dan CRUD

Tugas PBKK - Membuat aplikasi dengan memanfaatkan Framework Google